BERITA
MRCPP

Penghargaan Best Innovation Idea untuk Mahasiswi Kimia di bawah Bimbingan Peneliti MRCPP dalam Food
7 September 2019

Pada tanggal 4-5 September 2019, tiga mahasiswa dari program studi Kimia, Universitas Ma Chung, bernama Edwina Vania Sudarsono, Jovine Marcella Kurniawan, dan Michelle Eliona Sena, kembali berpartisipasi dalam lomba SEAFAST- Indofood Food Product Development Competition (FPDC) 2019 di IPB International Convention Centre, Bogor. Acara ini merupakan kompetisi pengembangan produk makanan yang diadakan oleh Institut Pertanian Bogor setiap tahun, dan ini ketiga kalinya MRCPP terlibat dalam pembimbingan lomba tersebut.

Tahun ini lomba ini kembali bersifat nasional dan diikuti oleh sejumlah universitas di Indonesia seperti Universitas Brawijaya, I3L, IPB, Universitas Diponegoro, dll. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui dalam kompetisi ini, yaitu seleksi abstrak, seleksi full paper (dipilih dari 20 abstrak terbaik), presentasi akhir dan display produk (dipilih dari 10 full paper terbaik).

Tahun ini, dengan bimbingan dari Rosita Dwi Chandra, S.TP, M.FoodSt (Adv)., yang merupakan peneliti MRCPP, mereka mengembangkan roti non-gluten yang cukup sulit untuk dibuat karena tidak adanya gluten. Roti yang dinamai Roti Telotok, dibuat dari campuran tepung ubi jalar kuning yang kaya akan pigmen beta-karoten dan tepung kacang tunggak sebagai sumber protein. Selain itu, berhubungan dengan peningkatan penggunaan gadget saat ini yang berdampak pada kesehatan mata, roti itu juga ditambahkan dengan pigmen lutein yang diperoleh dari ekstrak bunga marigold.

Menempati posisi nomor 6 dalam seleksi full paper, setelah bersaing dengan 52 abstrak, tim ini diundang ke tahap akhir dan menampilkan produk mereka. Inovasi ini telah membawa tim ini untuk dianugrahi dengan award Best Innovation Idea. Suatu pencapaian yang luar biasa! Congrats!